Pages

Review: Lenovo P70 ~ Perpaduan Tenaga dan Kinerja Mumpuni


Lenovo baru saja meluncurkan suksesor terbaru dari seri P, setelah P770 dan P780 yang fenomenal, sekarang Lenovo menghadirkan P70, andalan baru Lenovo di Kelas Mid End Smartphone. Bagaimana kemampuan Lenovo P70, ini sedikit review yang saya lakukan selama 2 minggu menggunakan Smartphone ini :


Lewat Pre-Order melalui Situs Online Shopping dengan harga Rp. 2.899.000,-., saya mendapat bonus JBL Bluetooth Speaker dalam paket pembelian.

Spesifikasi Utama :


Klik Untuk Memperbesar Gambar
Jaringan :  
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ~ SIM 1 & SIM2
HSDPA 900 / 2100, LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 20(800) Data only, no voice, HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps ~ SIM 1
Dimensi : 71,8 x 142 x 8,9 mm
Berat : 149 Gram
System on Chip (SoC) : MediaTek MT6752
CPU : ARM Cortex-A53, 1700 MHz, Core: 8
GPU : ARM Mali-T760 MP2, 700 Mhz, Core: 2
RAM : 2 GB, 800 MHz, Single Channel
Kartu Memori : MicroSD , MicroSDHC
Layar : 5 Inci, IPS, 720 x 1280 pixels, 24 Bit.
Baterai : 3900 mAh, Li-Ion
Sistem Operasi : Android 4.4.4 (Kitkat)
Kamera : Belakang 13 MP, Depan 5 MP
Sim Card : 2 Buah, Micro Sim Card
Wi-Fi : a, b, g, n, Wi-Fi Hotspot
USB : 2.0, Micro USB
Bluetooth : 4.0

Dalam beberapa preview awal oleh situs-situs terkemuka seperti GSMArena atau Device Specification Baterai yang terdapat pada Lenovo P70 ini adalah berjenis Li-Po, namun setelah Unboxing Lenovo P70, saya menemukan bahwa baterai yang ditanam pada smartphone ini adalah baterai berjenis Li-Ion.

Paket Pembelian :
- Smartphone Lenovo P70
- Head charger
- Kabel data
- Headset in-ear
- Buku Manual
- Kartu Garansi
- Back Cover
- Screen Guard
- Kabel USB On-The-Go

Klik Untuk Memperbesar Gambar


Desain dan Body
Berbentuk persegi panjang dengan keempat sudut yang sedikit membulat, back cover berbahan plastik dengan lapisan dof namun memberi kesan seperti logam dan desain body yang cukup menarik. Kesan pertama ketika memegang Smartphone ini adalah ringan, tipis dan nyaman digenggam walaupun memiliki kapasitas baterai besar. Namun back cover belakang Lenovo P70 ini gampang meninggalkan bekas dan terlihat mudah tergores, oleh karena itu Lenovo juga menyertakan Hardcase dalam paket pembelian agar bisa melindungi back cover dari P70.

Tidak terdapat tombol fisik pada bagian depan, hanya tombol navigasi (home, back dan recent app), kamera depan, led notifikasi,speaker dan sensor proximity. Pada sisi kanan smartphone terdapat 2 buat tombol fisik yaitu untuk power dan volume (up-down) sedangkan sisi kiri smartphone ini tidak terdapat tombol fisik. Port Jack Audio berada di bagian atas dan port Micro Usb serta dual speaker terdapat pada bagian bawah smartphone dan pada bagian belakang Smartphone ini hanya terdapat kamera dan led flash serta logo Lenovo berwarna Krom.

Layar & User Interface
Layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD 720x1280 membuat smartphone ini memiliki tampilan layar yang tajam dan nyaman dipandang walaupun dari sudut yang sempit sekalipun, produksi warna yang dihasilkan Lenovo P70 ini sangat bagus, ditambah dengan tampilan yang tidak menggunakan Stock Android tapi Vibe UI besutan Lenovo membuat tampilan menu enak dipandang.




Kamera, Foto dan Video
Boleh dibilang, fitur yang satu ini selalu menjadi selah fitur penting bagi orang-orang ketika akan memilih sebuah smartphone. Karena itu Lenovo juga menyertakan dua buah kamera  dengan resolusi 13 MP (belakang) dan 5 MP (depan) disertai dengan banyak pengaturan sehingga memudahkan kita untuk bereksplorasi.


Klik Untuk Memperbesar Gambar

Fitur Kamera Lenovo P70




Salah satu fitur menarik pada Lenovo P70 ini yaitu ketika merekam Video kita bisa sekaligus mengambil foto. Dan untuk resolusi videonya sendiri mencapai 1080p.

Hasil Foto
Berikut saya tampilkan hasil foto menggunakan Kamera Depan dan Belakang Lenovo P70. Foto diambil menggunakan settingan Auto dan tanpa proses editing.

Kamera Belakang (13 MP)

Outdoor Modus HDR (Klik Untuk Memperbesar Gambar)
Outdoor Modus : Auto (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Outdoor Modus : HDR, Auto (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Outdoor Modus : Auto (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Outdoor Modus : Auto (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Outdoor Modus : Auto (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Kamera Depan (5 MP)
Indoor

Indoor

Secara umum hasil foto Kamera Depan Lenovo P70 cukup memuaskan, dalam kondisi Cahaya Penuh, hasil foto cukup tajam & fitur autofokus bekerja dengan baik. Sedangkan dalam kondisi kurang cahaya, pada mode auto terlihat hasil foto terlihat ada noise. Dan apabila masih kurang puas dengan mode auto kita bisa mengatur kamera secara manual. 

Untuk Kamera Depan, dalam kondisi normal hasil foto cukup bagus, walaupun masih terlihat sedikit noise. namun pada kondisi kurang cahaya hasil foto agak gelap.

Benchmark & Fitur

 1. Sensor
Sensor
Tidak banyak sensor yang terdapat pada Lenovo P70, Hanya 4 buah sensor standar. 

2. Antutu

Skor Antutu
Pada pengujian menggunakan aplikasi benchmarking paling populer ini, Lenovo P70 bisa mendapat Skor Cukup Tinggi, skor ini bahkan melampaui skor antutu Samsung Galaxy S5 yang harganta 2x lebih mahal dari Smartphone ini.

3. Geekbench 3

Skor Geekbench 3


Geekbench 3 ini mengukur kinerja dari prosesor pada smartphone, baik pada single core maupun multi core, dan performa Lenovo untuk Single Core bisa dibilang baik, dengan skor 809, sedangkan pada multi core performa Mediatek MT6572 ini sangat baik. bisa dilihat dari gambar diatas.

4. Browser


Skor Browser


5. Nenamark

Nenamark : 56,2 FPS

6. Quadrant Standard


Skor Quadrant Standard : 17.991
7. Multitouch

Multitouch : 5 Titik

Baterai

Salah satu andalan pada Lenovo P70 ini adalah kapasitas baterai besar yang sama seperti pendahulunya, yaitu 3900 mAh. Dalam penguian yang saya lakukan, dengan menggunakan 2 SIM Card, Paket Data Aktif, Aplikasi Sosmed & Perpesanan Aktif. Dalam penggunaan Normal Smartphone ini bisa digunakan lebih dari 24 jam. Hal ini sangat membantu sekali bagi kita yang mobile, sehingga ketergantungan akan Powerbank dapat dikurangi.

Fitur Quick Charge yang terdapat pada Smartphone ini juga sangat membantu, dari 20% hingga full charge hanya membutuhkan waktu 90 menit saja.

Klik Untuk Memperbesar Gambar


Klik Untuk Memperbesar Gambar


Kesimpulan
Dengan harga kurang dari 3 Juta, kita akan mendapatkan Smartphone dengan spesifikasi tinggi yang sudah mendukung teknologi 64 Bit serta RAM Besar (2GB) sehingga dapat menjalankan Multitasking dengan lancar tanpa merasakan Lag. Dukungan Open GL ES3.0 juga sangat membantu pada sektor game, di mana kita dapat memainkan game 3D dengan tampilan objek yang lebih detil. Dukungan baterai 3900 mAh juga sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari, dalam penggunaan normal kita cukup melakukan 1 kali charge di pagi hari dan smartphone bisa menemani aktivitas selama 1 hari penuh.

Kelebihan
  1. Dual SIM dan sudah mendukung koneksi Data 4G.
  2. Sudah menggunakan Prosesor 64 Bit Mediatek.
  3. Baterai Monster 3900 mAh.
  4. Hasil Kamera Memuaskan.
  5. Terdapat fitur Memory Management, di mana kita bisa setting Memory Eksternal sebagai penyimpanan utama, sehingga file Data & Cache dapat disimpan di memori eksternal.
  6. Terdapat fitur untuk merekam percakapan ketika menelepon
  7. USB OTG support hingga 32 GB.
  8. Quick Charge, dapat mengisi ulang baterai sampai penuh dalam waktu 2 jam saja.

Kekurangan
  1. Layar belum diproteksi dengan Gorilla Glass, namun bisa ditutupi dengan tempered glass.
  2. Tidak ada fitur Glove-Touch.
  3. Dalam Kondisi Low Light hasil foto kamera depan agak gelap.
  4. Tidak terdapat NFC, tapi dapat diganti dengan aplikasi ShareIt dari lenovo & USB-OTG.
  5. Tidak ada sensor Compass, Gyro, Barometer, Thermometer, Heart Rate, tapi tidak berpengaruh signifikan pada penggunaan sehari-hari.
  6. Wifi kurang bagus dalam menangkap signal, masih kalah sama merk sebelah (uji coba dengan samsul galaxy core & galaxy grand prime)

Lain-lain

GAME : Asphalt 8, Jurassic Hunt 3D & Real Football dapat dimainkan dengan Lancar
Klik Untuk Memperbesar Gambar
Salah satu yang sering dikeluhkan oleh para pengguna smartphone dengan chipset Mediatek adalah Lock GPS yang lambat dan kurang akurat, namun setelah saya menguji kemampuan GPSnya menggunakan GPS Test, Lenovo P70 ini cukup cepat dalam melakukan Lock Posisi, tingkat keakuratan GPS juga cukup bagus, seperti terlihat pada gambar, mencapat 8 kaki (2,4 Meter).

Panel Notifikasi (Klik Untuk Memperbesar Gambar)

Wide Touch : Salah Satu Fitur Menarik pada Lenovo P70

USB OTG dapat diakses dengan mudah

Swipe Up layar untuk menemukan menu ini

Desktop Setting : Untuk Customisasi Tampilan Desktop











No comments:

Post a Comment