Pages

Greasemonkey dan Userscript

Mungkin sudah banyak blog atau situs yang menjelaskan tentang ini, dan saya hanya ingin mengulanginya lagi karena mungkin saja masih ada yang belum mengenal siapa itu Greasemonkey, karena ini akan berkaitan dengan artikel yang akan saya posting berikutnya.

Greasemonkey adalah seekor monyet yang akan setia menemani kalian para netter yang suka sekali melakukan aktivitas di Internet dengan menggunakan Browser berlogo Rubah Kebakaran a.k.a Firefox, jadi selama kalian browsing di Internet kalian akan selalu bersama Monyet yang tersenyum ini.

Betul sekali, jadi Greasemonkey ini adalah add-on untuk Mozilla Firefox yang memungkinkan kita untuk menambah script-script (yang kemudian dikenal sebagai “user scripts” dan ditulis dengan Javascript). Nah Userscript ini berfungsi untuk mengubah atau menambah fungsi serta tampilan pada suatu halaman website yang sedang kita kunjungi.

cara untuk menginstal Greasemonkey sangat mudah yaitu :

1. Buka Browser Firefox
2. Buka Tool -> Add-ons
3. Kemudian cari Add-ons "Greasemonkey" dan Install
4. Setelah Install restart Browser dan pada sudut kanan atas Browser akan muncul Icon Monyet kecil yang sedang Tersenyum. :)

kemudian langkah selanjutnya adalah mencari "Userscript" yang dapat kita masukkan kedalam Browser kita, untuk mencari Userscript ini silahkan kunjungi alamat http://userscripts.org/ disana kita dapat menemukan banyak script yang kita butuhkan, seperti Get Download Link untuk situs tertentu tanpa perlu menunggu, atau script untuk menampilkan Direct Link dari Image di Google dll. Silahkan mencoba dan berkreasi dengan Userscript-mu.

Note :
- Untuk dapat menggunakan Userscript, pastikan fitur Java Script di Firefox kita dalam posisi "Enable" (untuk mengeceknya dapat dilihat di Tool -> Option -> Buka Tab Content -> Cari Enable Java Script dan lakukan Check List)
- Untuk pengguna Browser Google Chrome kabarnya Greasemonkey juga bisa diinstall di Chrome, tapi saya belum mencobanya jadi kita lihat nanti saja ok :)


39 comments:




  1. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete


  2. Makin mantab aja ni sob informasinya

    ReplyDelete

  3. Mudah- mudahan semakin mantab lagi ya

    ReplyDelete

  4. Salam kenal dan sukses slalu

    ReplyDelete

  5. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    ReplyDelete

  6. saya numpang buat nambah backlink di sini ya

    ReplyDelete
  7. thanks ya gan buat informasinya

    ReplyDelete
  8. salam kenal ya.
    informasinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. hello semuanya... ikut backlink sini ya

    ReplyDelete
  10. apa maksudnya logo dari mozila firefox di ganti ?

    ReplyDelete